Tweeting since April 09, 2010. Apa insights yang didapat sejauh ini?

Kenapa pilih nama @haryoprast?

Karena user name yang juga saya pakai untuk account Instagram, Path, Line, Bitly, Pinterest, WordPress, Blogspot, dan masih ada lagi, adalah singkatan dari nama panjang saya Harwindra Yoga Prasetya. Yang saya pikir saat itu, cukup catchy dan mudah diingat sebagai user name πŸ™‚

Hadir di twitter sejak 9 April 2010, jadi tahun ini akan genap 3 tahun saya hadir di twitter. Pada saat awal punya akun ini, bingung harus bagaimana bermain. Jadinya follow akun yang pertama saya cari dan follow, @hardrockfm lalu follow nama-nama orang yang saya kenal yang di-follow @hardrockfm At first, saya follow banyak selebritis, penyiar radio, dan orang-orang hebat lainnya saat itu.

Lanjut follow akun-akun yang banyak inform info lalu lintas, tokoh-tokoh yang berpengaruh dan relevan dengan minat saya di digital marketing-branding & advertising-trade marketing-leadership-career and personal development-key account-dan tentunya teknologi informasi (termasuk di dalamnya perkembangan tentang gadget baru, dan sebagainya), sampai portal-portal berita. Dan timeline berasa makin ‘merah’ setelah saya banyak follow (dan di-follow) akun-akun yang banyak memberitakan info seputar klub, pemain, dan apapun tentang Liverpool FC. Klub sepak bola dari Liga Primer Inggris yang saja puja πŸ˜€

Manfaat instant yang paling dirasakan : melihat timeline akun lalu lintas sebelum berkendara kemanapun. Sebentar di dalam mobil atau sesaat sebelum berangkat untuk memantau arus lalu lintas dan cuaca. Seperti hari ini, cek dulu time line akun informer lalu lintas yang saya kumpulkan dalam satu list khusus sebelum berangkat. Hasilnya? Mulus! Saya sampai di Setiabudi One dari arah Pulogadung, dan mengetik tulisan ini πŸ™‚ Demikian juga nanti sebelum pulang kembali ke arah Bekasi, dari HR Rasuna Said, di hari Jumat, ditambah dengan mendung agak gelap menggantung, yang setiap saat bisa turun melimpah ruah…

Funny how, akun-akun yang kemudian saya follow (yang relevan dengan minat dan passion saya) punya tweet yang jauh lebih berisi dibanding tweet dari selebritis. Dengan tulisan-tulisan 140 karakter-nya, mereka ini banyak menginspirasi saya, mengisi otak saya. Amazing what they do in 140 characters! Spirit of sharing-nya gede banget. Beberapa diantaranya mampu share pikiran mereka lewat serangkaian tweet (kultwit) sampai puluhan s/d ratusan tweet.

Well, saya nggak refer statement saya barusan untuk akun @TrioMacan2000 yah, absurd! Tokoh-tokoh di twitter yang paling saya suka karena eagerness mereka untuk berbagi antara lain : @HandryGE @_way2go @onnowpurbo @josefbataona @ronaldsipahutar @subiakto Β hingga @agungASM yang sering berbagi ilmu, pengalaman, dan cara pandangnya terhadap sesuatu yang seringkali berbeda dengan saya, namun bagaimanapun juga punya efek positif buat saya. Luar biasa!

Right now, I must be thankful to @jack Dorsey atas platform social media hasil karyanya ini!

Jack Dorsey
Jack Dorsey, twitter.com founding father

Sejak main twitter tahun 2010 yang lalu, apa saja yang sudah dan bisa didapat dari platform social media paling populer kedua di dunia ini? Saya akan coba share satu per satu, mengingat pengalaman dengan twitter sejak April 2010 yang lalu. Here we go!

1. Memilih nama @haryoprast sebagai user name, berharap cukup catchy dan rememberable buat saya

2. Mulai follow akun-akun lalu lintas, radio dan para penyiar & produsernya, para selebritis, dan berita Liverpool FC

3. Menyadari bahwa lebih penting siapa-siapa saja yang kita follow dibanding berapa banyak followers kita dan siapa yang follow kita. Maksudnya kita tidak perlu ‘trying too hard’ untuk di-follow user yang lain, apalagi beli followers. Just let it all comes naturally, biarkan user lain menilai seberapa menarik twit-twit kita.

4. Punya akun twitter bila serius harus punya personifikasi atau personal branding yang jelas. Harus ditentukan twit-twit kita akan lebih banyak share tentang apa. Food-kuliner, kopi, marketing, info sepak bola dari sisi fans bola, dakwah agama, drama hidup sehari-hari, atau yang lain? Be spesific! A little bit of randomness is OK some few at one day, off course πŸ™‚

5. Kita punya followers, so better respect them dengan tidak sharing sesuatu yang tidak berguna, alias ‘nyampah’ di timeline. Termasuk sering menggunakan twitter sebagai jalur percakapan atau ngobrol dengan teman. hal ini pasti akan sedikit mengganggu user lai yang follow kita.

6. Jangan takut di-unfollow user lain, apalagi marah-marah karena teman kita unfollow kita. Ingat, twitter bukan jejaring sosial. Twitter adalah jejaring informasi, dimana user yang sudah mengerti tentang bagaimana twitter dimainkan, akan mengharapkan sesuatu yang informatif dari anda, entah itu berguna secara langsug buat dia atau tidak πŸ™‚

7. Teman atau seseorag yang kenal anda lalu follow anda di twitter lalu unfollow anda, artinya ia menganggap twitter sebagai suatu hal yang cukup serius. Don’t take it personal πŸ˜€ Mereka mengharapkan timeline mereka bersih dari aneka spam yang mungkin menurut mereka menggangu, yang mungkin berasal dari twit-twit anda.

8. Twitter adalah micro blogging. So please share your thoughts and/or pictures in brief, not more than 140 characters. User twitter cenderung enggan untuk buka link twit longer, atau update shortener lainnya jika twit anda lebih dari 140 karakter. Sayang kan, kalau anda berpikir sudah mencurahkan pikiran yang dipikir sangat menarik, tapi karena terlalu panjang, followers anda tidak dapat pesannya.

9. Be brief. Jika tidak bisa share hanya dalam 140 karakter, make it a serial ones. Atau lazim disebut kultwit, atau kuliah twitter. Satu kata yang dipopulerkan pertama kali oleh @gm_gm Gunawan Mohammad, seorang seniman yang hebat dalam twit-twitnya.

10. Be unique. Jangan takut menjadi diri sendiri di twitter, dalam twit-twit kita. Be unique, be you. @nukman dan @ndorokakung adalah praktisi twitter yang disukai twit-twit nya karena keorisinalitasannya. @nukman banyak share tentang how to play in social media, sementara @ndorokakung sangat kreatif dalam twit-twitnya. Disukai bukan karena orangnya, tapi karena buah pemikiran dan keativitasnya dalam berkata-kata.

11. Followers yang loyal bisa di-maintain agar menjadi massa. Dalang dan senimanΒ @sudjiwotedjo punya satu massa yang cukup loyal dengan dirinya yang disebut #jancukers Sebenarnya dalam bahasa Jawa sebeah timur, kata (maaf) ‘jancuk’ punya makna yang cenderung konotatif. Namun ia membuat kata ‘jancuk’ sebagai kata yang cenderung bisa membuat akrab. Mendekatkan diri.

12. The true information networks. Informasi apa saja bisa kita dapatkan, tergantung mau follow siapa, follow akun apa. Right now, live, free flows. Saat dimana rumah Raffi Ahmad digerebek anggota polisi dan Badan Narkotika nasional (BNN), saat itu juga tweeps (sebutan akrab user twitter, people on twitter) tahu. Dan berita itu cepat sekali menyebar lewat retweet (forwading tweet, original and edited with comment)

13. Retweet with comment? Yes. Retweet with editing body text/tweet? No. Jangan edit twit seseorang sebelum mem-forward-nya jika ada perubahan arah makna dari twit tersebut, meskipun itu untuk bisa masuk ke total 140 karakter.

14. Your content is your charm, konten twit-twit kamu adalah pesonamu. Kalau punya konten atau garis besar twit yang menarik tentang sesuatu hal yang lebih banyak kita tahu, pasti akan di-follow banyak orang. Tahu dari mana? Twit yang bagus/menarik/disetujui oleh followers biasanya akan direspon dengan retweet/forwarding tweets. Yang pasti akan dibaca user twitter (tweeps) yang lain. Salah satu user twitter yang saya kagumi adalah Poltak Hotradero ( @hotradero ), yang oleh Nukman Luthfie ( @nukman ) disebut ‘hotrapedia’ Karena pengetahuannya yang sangat luas tentang banyak hal…

15. Masih berhubungan dengan personal content. Content yang kamu tentukan kurang lebih mendefinisikan diri kamu, sebagai personal value. Suatu usaha menciptakan image, untuk membuat orang lain berpikir kita sebagai suatu pribadi dengan atribut khusus yang menempel. Well, definisi saya agak ribet sih πŸ˜€ Misalnya @pitra, dia dimata saya adalah jagoan di social media lewat twit-twit-nya yang sering share tentang dunia digital marketing ini. Demikian juga dengan @didinu @ShafiqPontoh48 @motulz dan teman saya, @stefkurniadi. Mereka saya follow karena pastinya, saya mengharapkan tambahan ilmu tentang manajemen social media. Tentunya untuk saya pribadi dan akun korporat yang saya juga pegang.

16. Wait! Did I mention corporate account? Yes, I did πŸ˜€ Hobby, something that we likes, something that we enjoyed the most leads us to something fun to do. Even though it’s called our job, vehicle to our career development. As used to and always said by my career coach, @ReneCC. Saya suka main di twitter, as well as facebook. Sebagaimana juga dulu menggemari friendster, akun social media pertama saya. Just stay in my timeline, see what goes around me, it’s so really interesting. Twitter is even faster than TV news update. Lalu mengajukan diri sebagai admin corporate account, yang membuahkan ide selanjutnya untuk membuat akun twitter brand, sungguh menyenangkan. Kenapa? Karena kita bertingkah laku di dunia online sebagai brand, dan berkomunikasi dengan customer (account-toko-dsb) dan consumer (end user product) secara langsung (itu tadi pengartian customer dan consumer dari kaca mata saya sebagai seseorang yang berkecimpung di dunia FMCG). Egaliter, tanpa batas, tanpa jarak. Intinya untuk jadi korporasi yang membuka jalur komunikasi 2 arah, harus siap mental. Harus siap menghadapi celoteh followers atau mentioners yang bisa bicara apa saja, termasuk mengolok-olok brand anda. Well, above all, it’s all good for both. Brand and brand’s followers-fans.

17. Twitter (dan juga facebook), adalah feeder (pengumpan) yang cukup efektif untuk akun social media lainnya yang anda punya. You name it! Pinterest, Instagram, paper.li, Path, Foursquare, akun blog WordPress atau Blogspot atau Tumblr anda, dan secara cepat update-update anda di social media yang anda punya langsung diketahui oleh teman dan followers anda. Asik kan? Kalau punya tulisan blog yang at least anda anggap keren, lalu anda share link update-nya di twitter atau facebook anda, dan dibaca teman-teman anda, dan drop comment di blog anda, atau paling tidak drop comment di update anda, baik itu comment atau reply atau retweet, at first rasanya senang sekali πŸ™‚ Iya kan?

18. News on twitter is spreading and buzzing so quickly. Berita yang menarik akan cepat di-share oleh satu user twitter ke user lainnya, berita baik atau buruk. Biasanya berita buruk yang akan lebih cepat tersebar. Buat pemegang akun brand atau corporate, be very wise and fully aware of what tou say (or type). It’s your brand that got hit directly as a bad publicity, not the administrator. And the next, you’ll got hit for saying or typing the wrong things…

19. Twitter sukses di Indonesia. Kenapa? Karena bangsa Indonesia, in a positive way, cenderung adaptif terhadap sesuatu yang baru, dan juga latah. Pengen ikut-ikutan kalau di sekitarnya asyik dengan sesuatu. Dan hasilnya, Indonesia menjadi negara twitter. Dan Jakarta menjadi kota teraktif twitter no. 1 di dunia (Bandung no.6 kota teraktif twitter di dunia). Dan kabarnya, Jack Dorsey akan mempir ke Indonesia tahun 2013 ini… Luar biasa!

20. Follow, unfollow, mute, block. Fasilitas yang disediakan di twitter untuk berinteraksi dengan user lainnya. Use it well.

21. Twitter for fortune seeking? There are online quizzes from corporate or brand account. Banyak user account yang menjadi quiz hunter atau pemburu kuis berhadiah yang diadakan twitter account lain, kebanyakan dari brand, yang salah satunya bertujuan menciptakan buzz dengan seringnya muncul mention, tagar (hashtag #) disebut untuk membuat trending topic, dan secara instant bisa menaikkan jumlah followers. Tergantung seberapa menantang hadiah yang disediakan. Gadgets, produk, uang cash, pulsa handphone, adalah rua hadiah yang sering diberikan oleh twitter account penyelenggara quiz untuk menarik minat followers atau user twitter lainnya.

22. Trending topic. Apa itu? Adalah keywords yang sering disebut selama kurun waktu tertentu di lini masa. Keywords bisa menjadi trending topic apabila disebut secara unik oleh para user twitter secara bersamaan dalam kurun waktu yang berdekatan. Jadi apabila ada user twitter yang menyebut suatu hashtag berkali-kali dalam update-nya, percuma saja. Karena itu hanya akan dihitung satu. Misalnya saat perhelatan Indonesian Idol 2012 ( @indoidol2012 Β dan #indonesianidol ) yang lalu, social media twitter benar-benar digunakan dengan maksimal. Keywords seperti : Kamasean, Dion, Regina, dan judul-judul lagu yang dibawakan para kontestan bisa masuk trending topic (TT) world wide. Indonesia is definitely a twitter country πŸ™‚

There it goes, 22 insights yang saya dapat selama kurang lebih 3 tahun bermain-main di lini masa twitter. Mungkin itu yang teringat saat ini, dan mungkin nanti bakal ada update menjadi 22, 25, mungkin 33 insights yang didapat dari bermain twitter.

Mungkin tambahan itu dari saya, atau anda selaku pembaca blog ini bisa menambahkan insights yang anda dapat selama bermain-main di linimasa twitter..

Please be so kind in dropping some comments. Thank you πŸ™‚

Advertisements

One thought on “Tweeting since April 09, 2010. Apa insights yang didapat sejauh ini?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s