3 thoughts on “Cerita Field Marketing (part.5)

  1. Pembahasan yang sangat membumi dan dalam. Untuk saya pribadi, ada banyak hal yang bisa saya pelajari dari ulasan di atas. Terima kasih Mas Harwindra. Semoga dapat menjadi manfaat bagi siapa pun yang membacanya terutama para pelaku bisnis hyper market dan rekanannya. Apa yg Mas Harwindra ulas, merupakan kenyataan yang terjadi hampir di semua hyper market yang ada. Karena kebetulan bidang minat saya adalah perilaku, saya sangat setuju untuk point terakhir tentang SPG adalah Brand Ambassador, Untuk itu, ia harus menjalankan fungsi konsultan atas produk yg ditawarkannya. Bagaimana bisa jadi ambassador dan konsultan untuk produk (brand) yg dibawanya jika ia harus juga menangani produk2 yg notabene bukan menjadi tanggung jawabnya, spt yang sering kita lihat di berbagai hyper market. Yag terjadi malah merusak brand, baik brand yg seharusnya menjadi tanggung jawabnya karena jadi tidak intensif dan fokus maupun pada brand di mana ia diperbantukan karena ia tidak memahami pengetahuan produknya dgn baik.

    • Ah, it’s been an adventurous Monday mas Lohjenawi Trenadi ๐Ÿ™‚
      Buat pelaku Trade Marketing – Field Marketing, hal tersebut diatas adaah PR besar, sekaligus hal yang lumrah namun tidak seharusnya menjadi lumrah. Terutama jika SPG dikirim dari bukan supplier utama account (chain store) tersebut. Jika bench marking-nya adalah sales, maka hanya mengisi 1 sudut pandang kepentingan saja. Karena masih ada kepentingan-kepentingan atau tujuan-tujuan lainnya dari sebuah investasi penempatan SPG di toko. Antara lain : space share (tier-facing), brand awareness, consultative-customer service functions, relationship with key persons at stores, dan sebagainya.
      Well, response dari mas adalah bentuk apresiasi buat sharing kita bersama via twitter. Dan saya angkat-bahas disini, karena field marketing management adalah salah satu tugas keseharian saya.
      Thank you! ๐Ÿ™‚

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s